Home Informasi Contoh Curriculum Vitae (CV) Word Gratis, Bisa di Edit

Contoh Curriculum Vitae (CV) Word Gratis, Bisa di Edit

Wartapoin.com – Dalam dunia kerja, CV merupakan salah satu dokumen yang sangat penting, khususnya pada proses melamar kerja. Karena dengan adanya CV ini pihak perusahaan akan melihat sampai mana kemampuan kita sekarang. Pada intinya CV ini merupakan persyaratan penting yang harus dilampirkan dalam hal melamar pekerjaan.

Contoh Curriculum Vitae (CV) Word Gratis, Bisa di Edit

Contoh Curriculum Vitae (CV) Word Gratis, Bisa di Edit

Pada artikel ini saya akan mencoba berbagi seputar contoh cv word beserta pembahasan lainnya yang masih berhubungan dan mungkin juga akan bermanfaat untuk Anda.

Apa itu CV ?

CV atau Curriculum Vitae adalah dokumen yang digunakan untuk menunjukkan kualifikasi dan pengalaman kerja seseorang. Ini biasanya digunakan ketika melamar pekerjaan atau mencari kesempatan karir baru.

CV harus mencakup informasi tentang pendidikan, pengalaman kerja, kualifikasi dan keahlian yang relevan dengan posisi yang dilamar. Ini juga harus ditulis dengan baik dan dipresentasikan dengan baik untuk menunjukkan bahwa kandidat adalah orang yang tepat untuk posisi tersebut.

Fungsi dari CV (Curriculum Vitae)

Adapun fungsi CV secara umum, yaitu sebagai berikut:

Menunjukkan kualifikasi dan pengalaman kerja: CV digunakan untuk menunjukkan kualifikasi dan pengalaman kerja seseorang yang relevan dengan posisi yang dilamar.

Memperkenalkan diri kepada perusahaan: CV adalah cara untuk memperkenalkan diri kepada perusahaan dan menunjukkan bahwa kandidat adalah orang yang tepat untuk posisi yang dilamar.

Menarik perhatian perusahaan: CV yang baik dan informatif dapat menarik perhatian perusahaan dan meningkatkan peluang kandidat untuk diterima dalam proses rekrutmen.

Membuat kesan profesional: CV yang baik ditulis dan dipresentasikan dengan baik dapat membuat kesan profesional pada perusahaan dan meningkatkan peluang kandidat untuk diterima dalam proses rekrutmen.

Menjadi acuan dalam wawancara : CV juga dipergunakan sebagai acuan dalam wawancara kerja, sehingga perusahaan dapat mengetahui lebih jauh tentang kandidat yang dilamar dan mengambil keputusan yang tepat.

Mengatur dan menyimpan data diri : CV dapat digunakan sebagai dokumen pengaturan dan penyimpanan data diri seseorang, yang dapat digunakan untuk referensi di masa depan.

Memudahkan proses seleksi : dengan adanya cv, proses seleksi karyawan menjadi lebih mudah karena perusahaan dapat dengan cepat mengetahui kualifikasi dan pengalaman kerja kandidat yang dilamar.

Cara Menulis CV dengan Baik dan Benar

Tentu dalam hal penulisan sebuah CV ada tahap-tahap yang wajib diikuti supaya mendapatkan hasil yang baik. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menulis CV yang baik dan benar, di antaranya:

Buat CV yang ringkas dan jelas: pastikan untuk menyertakan informasi yang relevan dan penting saja. Jangan menambahkan informasi yang tidak perlu atau tidak relevan. CV yang terlalu panjang akan membuat pembaca menjadi bosan dan tidak menemukan informasi yang mereka cari.

Gunakan bahasa yang sesuai: pastikan untuk menggunakan bahasa yang sopan dan profesional dalam CV Anda. Jangan menggunakan bahasa yang terlalu informal atau bahasa slang.

Presentasikan informasi dengan baik: pastikan untuk menyusun informasi dalam urutan yang logis dan membuat CV Anda mudah dibaca. Gunakan subjudul, bullet point, dan tata letak yang rapi untuk membuat informasi lebih terlihat menarik.

Sertakan informasi kontak yang valid: pastikan untuk menyertakan informasi kontak yang valid seperti nama, alamat, nomor telepon, dan alamat email. Ini akan memudahkan perusahaan untuk menghubungi Anda jika Anda terpilih untuk wawancara.

Tambahkan kualifikasi dan keahlian: pastikan untuk menyertakan kualifikasi dan keahlian yang Anda miliki yang relevan dengan posisi yang dilamar.

Tunjukkan pengalaman kerja yang relevan: pastikan untuk menyertakan pengalaman kerja yang relevan dengan posisi yang dilamar. Fokus pada tugas dan tanggung jawab yang Anda lakukan dan bagaimana Anda mencapai hasil yang baik.

Sertakan referensi kerja : pastikan untuk menyertakan referensi kerja jika Anda memilikinya. Ini bisa berupa nama, posisi, dan nomor telepon dari atasan atau rekan kerja yang dapat memberikan rekomendasi tentang Anda.

Ingatlah untuk selalu memperbarui CV Anda sebelum melamar pekerjaan baru dan pastikan informasi yang Anda sertakan tetap valid dan relevan dengan posisi yang dilamar. Jangan lupa untuk mengecek ejaan dan tata bahasa, hal ini akan memberikan kesan yang profesional.

Contoh Curriculum Vitae (CV) Word

Contoh Curriculum Vitae (CV) Word

Contoh Curriculum Vitae (CV) Word

Contoh Curriculum Vitae (CV) Word

Contoh Curriculum Vitae (CV) Word

Contoh Curriculum Vitae (CV) Word

Kenapa Harus CV Word?

Mengapa saya memberikan contoh cv dengan format word (.doc) ?

Karena kebanyakan dari kita lebih familiar dengan aplikasi pengolah kata seperti microsoft word dan itu cukup mudah untuk mengeditnya, daripada aplikasi pengolah kata pdf. Selain itu microsfot word saat ini menjadi aplikasi default yang wajib di install di setiap komputer.

PDF (Portable Document Format) adalah format dokumen yang digunakan untuk menyimpan dokumen sebagai file yang dapat dibuka di berbagai perangkat dan aplikasi. Word adalah format dokumen yang digunakan oleh Microsoft Word, yang merupakan aplikasi pengolah kata.

Banyak orang lebih suka mengubah file PDF menjadi Word karena lebih mudah untuk diedit dan dibagikan. Selain itu, beberapa aplikasi pengolah kata tidak dapat membuka file PDF, sehingga perlu diubah menjadi format yang dapat dibuka.

Cara Mengedit Curriculum Vitae (CV) Word

Ada langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mengedit cv word, dan itupun cukup mudah untuk diikuti. Mungkin bagi Anda yang belum mengetahuinya, silahkan mengikuti tutorial dibawah ini:

  1. Pertama siapkan file contoh cv word nya terlebih dahulu dengan mendownloadnya.
  2. Kedua siapkan juga aplikasi Microsoft Word (yang sudah terinstall).
  3. Jika proses download sudah selesai, silahkan buka file cv tersebut menggunakan perintah “open with microsoft word”.
  4. Tunggu sampai file contoh cv word terbuka.
  5. Setelah terbuka, Anda dapat mengeditnya sesuai keinginan dan kebutuhan.
  6. Jika sudah diedit, jangan lupa untuk menyimpannya dengan perintah “save”.
  7. Selesai.

Akhir Kata

Demikian merupakan ulasan tentang contoh cv word dan beberapa informasi atau tips yang mendukungnya supaya lebih baik lagi. Semoga artikel ini bisa bermanfaat atau bahkan bisa menjadikan referensi dalam penulisan cv Anda sendiri.

Terima kasih sudah berkunjung ke wartapoin.com, jangan lupa bookmark link situsnya dan nantikan artikel menarik berikutnya.

sumber referensi:
https://www.helpshared.com/2015/12/contoh-cv-lamaran-kerja-menarik-desain.html

Postingan Terkait :