Home Pendidikan Ciri Zaman Arkaekum, Paleozoikum, Mesozoikum, dan Neozoikum

Ciri Zaman Arkaekum, Paleozoikum, Mesozoikum, dan Neozoikum

Wartapoin.com – Ilmu geologi memang sangat menarik untuk dipelajari bersama-sama, karena dari sini kita bisa mengetahui fase perkembangan bumi. Tempat yang kita tinggali ini tidak serta merta tampil dengan kondisi seperti sekarang. Salah satu hal paling mendasar ketika mempelajari ilmu geologi adalah menelaah apa yang dimaksud zaman Arkaekum, zaman Paleozoikum, zaman Mesozoikum, dan zaman Neozoikum.

Bumi telah banyak melewati fase kehidupan yang dibagi berdasarkan macam-macam periode. Salah satu periode kehidupan bumi yang dilihat berdasarkan ilmu geologi terbagi atas 4 yakni zaman Arkaekum, zaman Paleozoikum, zaman Mesozoikum, dan zaman Neozoikum.

Apa saja periode itu? Di bawah ini akan dijelaskan urutan periode tersebut beserta ciri-cirinya.

Pengertian Ilmu Geologi

Ilmu geologi merupakan cabang ilmu yang mempelajari bumi, termasuk aktivitas-aktivitas yang ada di dalamnya. Ilmu geologi juga menjabarkan fenomena terkait pembentukan dan perkembangan bumi melalui sejarah geologi. Penelusuran yang dilakukan oleh para ilmuwan ini bermanfaat sebagai bahan ajar agar bisa lebih mengenal bumi.

Perkembangan Bumi Berdasarkan Zaman Arkaekum, Zaman Paleozoikum, Zaman Mesozoikum, dan Zaman Neozoikum (Ilmu Geologi)

Ilmu geologi secara gamblang memaparkan setiap proses tahapan pembentukan bumi hingga menghasilkan kehidupan yang dikenal saat ini. Setidaknya dalam proses yang panjang itu, ilmu geologi membagi setiap era berdasarkan rentang masa yang dikenal sebagai berikut.

1. Zaman Arkaekum

Zaman Arkaekum atau dikenal sebagai Arkeozoikum merupakan fase awal dimana bumi terbentuk.  Artinya periode ini bisa dikatakan sebagai zaman tertua bagi bumi.

Pada masa ini kehidupan di bumi masih berupa sel-sel prokariotik, yang nantinya berkembang membentuk kehidupan yang baru. Ciri ciri zaman arkaekum ini terdiri dari :

  • Berlaku pada 2.500 juta tahun yang lampau.
  • Kondisi bumi masih berupa bola panas yang belum stabil.
  • Makhluk hidup yang terdapat di bumi berupa sel prokariotik berjenis archaebacteria dan
  • Sel-sel prokariotik memiliki peran penting dalam pembentukan kadar oksigen di bumi untuk membawa kehidupan baru di masa berikutnya.

2. Zaman Paleozoikum

Zaman Paleozoikum merupakan periode kehidupan pertama dimana pada masa ini makhluk hidup telah mengalami perkembangan yang cukup baik. Meski pada masa itu kondisi bumi belum stabil.

Namun, penurunan suhu yang signifikan terus berlangsung hingga bumi menjadi tempat tinggal yang layak bagi makhluk hidup. Ciri ciri zaman paleozoikum ini yaitu :

  • Terjadi selama 340 juta tahun.
  • Terbagi atas enam pembabakan masa yakni Kambrium, Ordovisium, Silur, Devon, Karbon, dan
  • Hewan yang ada pada masa ini berupa mikroorganisme, ikan, reptil, binatang bersel satu yang tidak memiliki tulang belakang, serta amfibi.
  • Aktivitas pergerakan lempeng bumi cukup aktif sehingga menghasilkan gugusan pegunungan.

3. Zaman Mesozoikum

Fase pertengahan pasca bumi memiliki kehidupan didalamnya biasa dikenal sebagai zaman Mesozoikum. Masa ini juga disebut sebagai eranya hewan reptil yang banyak berkembang.

Sebab, hal ini dipengaruhi oleh kondisi bumi yang lebih kering dengan temperatur tanah cukup hangat. Adapun ciri-ciri zaman Mesozoikum terdiri dari :

  • Dimulai sejak 252,2 juta tahun lalu dan berakhir sekitar 66 juta tahun lalu.
  • Kehidupan di bumi semakin beragam, termasuk kemunculan hewan menyusui dan burung tapi tidak banyak.
  • Jenis reptil berukuran raksasa yang mendominasi kehidupan era Mesozoikum yaitu Dinosaurus dan
  • Pemisahan benua mulai terjadi menjadi beberapa bagian daratan.
  • Terbagi atas tiga fase yakni Trias, Jura, dan Kapur.
  • Berakhir dengan ditandai fenomena kepunahan makhluk hidup secara massal yang mengakibatkan kepunahan Dinosaurus dan beberapa jenis hewan purba lainnya.

4. Zaman Neozoikum

Neozoikum merupakan zaman paling muda dari tiga zaman sebelumnya yakni Arkaekum, Paleozoikum, dan Mesozoikum. Di masa ini perkembangan hewan mamalia mulai terjadi disertai dengan kemunculan manusia purba. Gambaran umum mengenai ciri ciri zaman neozoikum yaitu :

  • Terjadi pada 60 juta tahun lalu.
  • Iklim dan kondisi bumi layak dihuni makhluk hidup.
  • Reptilia besar telah punah.
  • Terbagi atas fase Tersier Neozoikum dan Kuarter Neozoikum.
  • Kebudayaan manusia mulai terbentuk.

Zaman Arkaekum, zaman Paleozoikum, zaman Mesozoikum, dan zaman Neozoikum memiliki tahapan yang cukup panjang. Artinya, bumi tidak serta merta menghadirkan kehidupan yang bisa dinikmati saat ini secara instan.

Pembagian zaman berdasarkan geologi ini setidaknya dapat memberi pemahaman bagi generasi berikutnya terhadap perkembangan bumi dari waktu ke waktu. Dengan adanya artikel ini semoga menambah pengetahuan Anda.

Postingan Terkait :