Home Informasi Checkout Artinya Apa? Berikut Penjelasan Lengkapnya

Checkout Artinya Apa? Berikut Penjelasan Lengkapnya

Wartapoin.com – Salah satu aktivitas yang banyak dilakukan secara online adalah berbelanja. Masyarakat mulai mengubah kebiasaan mereka belanja di toko offline ke marketplace. Tidak lain karena kemudahan dan kepraktisan yang didapat. Sebelum berbelanja, seseorang harus melakukan checkout. Namun, masih banyak yang bertanya-tanya dalam belanja online, checkout artinya apa?

Kata checkout sering ditemukan di toko-toko online seperti Bli-Bli, Tokopedia, Shopee, dan lain sebagainya. Sebelum melakukan checkout pastikan dulu barang yang akan dibeli. Namun jangan khawatir, melakukan checkout bukan berarti sudah resmi atau deal dalam memberi suatu barang.

Dalam Belanja Online, Checkout Artinya Apa?

Istilah checkout sudah sangat familiar bagi yang berlangganan di Shopee. Namun, istilah itu ternyata tidak hanya di Shopee saja tetapi juga di toko online lain misalnya Lazada dan lain-lain. Dalam belanja online, checkout artinya kegiatan yang dilakukan sebelum membeli barang.

Secara istilah dalam belanja online, checkout artinya proses pengecekan mengenai informasi barang tersebut. Informasi mengenai barang termasuk jumlah produk, alamat rumah tujuan, biaya ongkir dan lain sebagainya. Jika belum sesuai, calon pembeli bisa merubahnya.

Apa Saja yang Diperiksa dalam Proses Checkout?

Ketika akan berbelanja tetapi pembeli salah dalam memberikan informasi alamat maka masih bisa diganti, lho. Itulah satu dari banyaknya manfaat melakukan checkout sebelum deal berbelanja yakni melakukan berbagai perubahan.

Tidak sedikit orang yang berbelanja mengetahui perubahan apa yang dapat dilakukan selama proses checkout. Kebanyakan daru mereka hanya tau hal yang dapat diubah atau dicek adalah barang belanjaan saja. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa hal yang masih dapat dilakukan perubahan:

1. Alamat Pengiriman

Alamat pengiriman sendiri adalah alamat tujuan yang mana nantinya untuk pengiriman produk oleh kurir. Sebelum melakukan pembayaran ada baiknya cek terlebih dahulu mengenai informasi ini melalui checkout. Jika belum sesuai, pembeli bisa merubahnya.

2. Produk Pesanan

Sudah banyak yang tahu bahwa produk pesanan bisa diubah melalui checkout sebelum melakukan pembayaran. Jika barang tersebut belum sesuai, maka pembeli jangan terburu-buru melakukan proses pembayaran. Hal tersebut karena barang itu masih bisa ditukar atau diganti.

3. Total Pesanan

Hal yang masih dapat diubah melalui checkout sebelum membeli adalah total pesanan. Perhatikan betul berapa total pesanan yang dipesan. Total pesanan tersebut biasanya meliputi total barang, total pembayaran, sampai total biaya ongkir jika ada dan lain sebagainya.

4. Voucher

Jika ada waktu kosong, calon pembeli biasanya akan melakukan checkout barang-barang tersebut sambil menunggu ada voucher yang dapat digunakan. Setelah ada penawaran voucher, segeralah untuk menambahkannya di fitur checkout untuk mengurangi biaya yang dikeluarkan.

5. Opsi pengiriman

Dalam melakukan checkout, calon pembeli dapat mengecek opsi pengiriman yang akan digunakan. Ada beberapa opsi yang dapat digunakan atau dipilih yakni jasa pengiriman. Jika belum sesuai, calon pembeli bisa untuk merubahnya sesuai dengan keinginan.

6. Metode pembayaran

Dalam pembelian barang, seseorang diberikan beberapa pilihan dalam hal metode pembayaran. Calon pembeli dapat memilih metode pembayaran di menu checkout. Ada banyak sekali metode pembelian yang dapat dipilih. Jika belum sesuai, calon pembeli masih bisa untuk merubahnya. Bagaimana, mudah sekali bukan?

Sekarang sudah terjawab kan dalam belanja online, checkout artinya apa. Ada banyak sekali manfaat melakukan checkout sebelum melakukan proses pembayaran. Perlu diperhatikan juga sebelum melakukan deal pembayaran, calon pembeli diharapkan cek kembali seluruh informasi mengenai barang atau jasa pada menu checkout agar sesuai.

Postingan Terkait :