Home Informasi Cara Melacak Nomor HP Lewat Internet dengan Akurat

Cara Melacak Nomor HP Lewat Internet dengan Akurat

Wartapoin.com – Cara melacak no HP lewat internet dapat dilakukan para pemilik HP. Terutama, pada saat genting atau saat kehilangan HP yang digunakan. Walaupun cukup sulit, namun pelacakan ini sangat mungkin dilakukan.

Seiring dengan berkembangnya teknologi. Bermunculan alternatif untuk pelacakan nomor HP melalui internet. Bahkan, para pengguna bisa melakukan pelacakan dengan menggunakan atau tanpa tambahan aplikasi lagi.

Cara melacak nomor HP ini sebaiknya dimanfaatkan dengan bijaksana. Jangan sampai merugikan orang lain atau menggunakannya untuk melanggar privasi pengguna nomor.

Cara Melacak Nomor HP Lewat Internet dengan Akurat

Cara Melacak Nomor HP Lewat Internet dengan Akurat

Ada dua jenis cara yang bisa digunakan untuk melacak nomor hp, yakni dengan memanfaatkan layanan aplikasi pihak ketiga dan tanpa menggunakan aplikasi. Berikut pembahasannya:

Melacak No HP dengan Layanan Aplikasi

Seperti yang disebutkan sebelumnya, telah bermunculan alternatif cara melacak no HP lewat internet. Caranya pakai aplikasi dengan fitur pelacakan. Ada banyak pilihan aplikasi dengan fitur pelacakan nomor HP.

Walaupun pilihannya ada banyak, namun tidak semua aplikasi ini bisa bekerja dengan baik dan efektif. Bahkan, ada yang beberapa merupakan aplikasi palsu, ada yang hasilnya tidak akurat dan memuaskan.

Karena itu, berikut adalah berbagai aplikasi untuk melacak no HP lewat internet. Berikut dengan cara untuk menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut.

1. Lacak dengan Aplikasi Life360

Aplikasi melacak no HP yang pertama adalah Life360. Aplikasi ini cukup efektif untuk melakukan pelacakan karena menggunakan sistem circle. Jadi, pengguna yang ingin melacak dan yang akan dilacak harus dalam circle yang sama.

Dengan begitu, pelacakan tidak bisa dilakukan dengan sembarangan dan harus dalam izin yang memiliki nomor HP. Pelanggaran terhadap lokasi dan posisi pun dapat dihindari dengan menggunakan layanan ini.

Berikut adalah cara untuk menggunakan aplikasi satu ini dengan mudah:

  • Download dan pasang aplikasi Life360 di smartphone yang digunakan.
  • Kemudian, buka aplikasi dan buat akun yang baru.
  • Pada tampilan utama buat circle baru dalam kolom yang ditentukan.
  • Tuliskan nama circle yang ingin dibuat.
  • Ketu ikon untuk menambah anggota dalam circle.
  • Setelah itu, kirimkan kode circle pada orang yang ingin dimasukkan.
  • Jika undangan tersebut sudah disetujui maka pengguna tersebut akan tergabung dalam circle.
  • Setelah itu, tekan tombol Join untuk bergabung dalam circle.

Jika para pengguna sudah tergabung dalam circle yang sama. Maka, para pengguna bisa melacak satu sama lain. Namun pelacakan ini memang terbatas pada pengguna yang dalam satu circle saja. Para pengguna bisa menambahkan member lain jika mau.

Karena membutuhkan persetujuan setiap orang yang masuk ke dalam circle untuk melacak lokasi. Maka, aplikasi ini tidak bisa digunakan untuk melacak lokasi seseorang secara diam-diam.

2. Lacak dengan Aplikasi Prey Anti Theft

Sesuai dengan nama aplikasinya, Prey Anti Theft bisa menghindari para pemilik HP dari tindak pencurian. Aplikasi ini tidak selalu membutuhkan nomor HP untuk melakukan pelacakan. Para pengguna juga bisa menggunakan email atau akun sosial media.

Cara melacak no HP lewat internet ini bekerja dengan sistem sederhana. Sistem akan melacak melalui aplikasi yang terpasang di smartphone. Jadi, untuk melakukan pelacakan smartphone target harus memiliki aplikasi ini juga.

Berikut adalah cara untuk melakukan pelacakan dengan aplikasi satu ini.

  • Download dan pasang aplikasi Prey Anti Thef di HP sasaran maupun HP yang akan melakukan pelacakan.
  • Kemudian, login atau buat akun baru dengan metode yang diinginkan.
  • Berikan izin akses lokasi pada aplikasi yang dipasang.
  • Setelah akun dibuat, masuk ke dalam website resmi dari aplikasi ini.
  • Login dengan akun yang ingin dilacak.
  • Maka, lokasi dari smartphone akan terlihat dalam tampilan website.

Karena mengharuskan para pengguna memiliki aplikasi yang sama pada smartphone yang diacak. Para pengguna agak sulit untuk menggunakan aplikasi ini untuk pelacakan secara diam-diam.

Selain itu, akses yang diberikan harus disetujui antara pihak yang dilacak maupun yang melacak. Aplikasi ini sangat efektif untuk mencari smartphone yang hilang atau lupa meletakkan.

Karena akses pelacakannya bisa dilakukan melalui browser dengan perangkat lain. Jadi, keberadaan smartphone bisa diketahui dengan cepat.

Cara Melacak Nomor HP Lewat Internet

Melacak No HP Tanpa Layanan Aplikasi

Selain menggunakan aplikasi tambahan untuk melakukan pelacakan no HP. Para pengguna juga bisa melakukan pelacakan tanpa aplikasi tambahan sekalipun. Metode ini selain bisa dilakukan melalui smartphone juga bisa dilakukan di perangkat lain.

Misalnya, perangkat laptop atau perangkat lain yang memiliki akses browser. Jadi, akses pelacakan menjadi lebih luas dan akses pun lebih banyak.

1. Melacak dengan Google Maps

Layanan Google Maps merupakan layanan navigasi yang berbasis informasi lokasi. Tidak heran, jika aplikasi ini bisa digunakan untuk melakukan pelacakan juga. Karena aksesnya tidak terbatas dengan aplikasi. Para pengguna bisa melakukan pelacakan lewat browser.

Dengan metode ini para pengguna tidak harus menggunakan nomor telepon. Bisa juga menggunakan email. Namun, memang jauh lebih efektif dengan informasi nomor telepon. Berikut adalah cara untuk melakukan pelacakan dengan cara ini.

  • Buka browser yang ingin digunakan pada perangkat dan buka layanan Google Maps.
  • Login dengan akun Google yang ingin dilacak.
  • Kemudian, pilih ikon Location Sharing pada tampilan utama.
  • Klik tombol Share Location untuk membagikan lokasi.
  • Pilih kontak yang ingin dibagikan lokasinya.

Setelah fitur diaktifkan, pergerakan pemilik akun Google tersebut akan selalu di update pada akun yang sudah dipilih. Pelacakan akan berhenti jika fitur sudah dinonaktifkan pada akun.

Karena membutuhkan izin dan membagi akses lokasi pada pengguna lain. Cara ini tidak ideal untuk melakukan pelacakan secara diam-diam. Karena, para pengguna membutuhkan akses lokasi pada akun yang ingin dilacak untuk membagikan lokasi.

2. Lacak Nomor HP Melalui WhatsApp Web

WhatsApp merupakan aplikasi messenger yang banyak digunakan sekarang ini. Para pengguna bisa menggunakan WhatsApp di desktop dengan adanya akses WhatsApp Web. Melalui layanan ini juga, para pengguna bisa melakukan pelacakan lokasi.

Caranya tidak jauh berbeda dengan fitur dari Google Maps. Para pengguna harus membagikan lokasi secara sukarela pada pengguna lain. Jadi, tidak bisa dilakukan pelacakan secara diam-diam.

Cara ini bisa dilakukan baik melalui akses aplikasi WhatsApp maupun melalui WhatsApp Web. Untuk tampilan pergerakan yang lebih detail bisa menggunakan WhatsApp Web dengan langkah di bawah ini.

  • Login dengan akun WhatsApp menggunakan WhatsApp Web.
  • Kemudian, buka jendela chat dengan orang yang ingin berbagai lokasi.
  • Pilih ikon yang berlogo Paperclip.
  • Pilih fitur lokasi untuk membagikan lokasi.
  • Tekan layanan Berbagi Lokasi Terkini pada opsi yang tersedia.

Fitur ini tidak hanya akan membagikan lokasi pada pengguna yang dipilih. Fitur ini juga akan memperbarui lokasi dari para pengguna yang sudah dibagikan jika ada perubahan lokasi.

3. Melacak Nomor HP di Kantor Polisi

Untuk melacak nomor HP dengan akurat juga bisa datang ke kantor polisi, namun syaratnya kamu harus bisa membuktikan tujuan melacak nomor HP sebenernya untuk apa, karena Polisi sendiri tidak dapat semena-mena mengabulkannya.

Misalnya seperti kamu telah menjadi korban penipuan atau yang lainnya, nah dengan begitu polisi pasti akan bersedia untuk membantu. Sedangkan jika tujuan utamamu hanya iseng saja, mungkin polisi tidak akan membantumu untuk melacak no HP tersebut.

Untuk caranya pun cukup mudah, yaitu silahkan datang ke kantor polisi terdekat lalu ceritakan kejadian sebenarnya, dan usahakan bawa barang bukti juga, dengan begitu pihak kepolisian akan membantu dengan tanggap.

Akhir Kata

Itulah cara melacak no HP lewat internet, cukup mudah dan dapat dicoba oleh semua orang. Dari cara-cara di atas terlihat bahwa pelacakan tidak bisa dilakukan. Jika tidak ada izin dan akses dari kedua pihak yang dilacak maupun yang melacak.

Postingan Terkait :