Home Informasi Batas Negara Thailand Sebelah Utara, Timur, Selatan dan Barat

Batas Negara Thailand Sebelah Utara, Timur, Selatan dan Barat

Wartapoin.com – Thailand merupakan salah satu negara berkembang di wilayah Asia Tenggara yang mempunyai julukan sebagai negeri Gajah Putih. Thailand dijuluki sebagai Negeri Gajah Putih karena gajah putih dianggap sebagai hewan suci umat Buddha Thai. Thailand juga merupakan anggota pendiri Asosiasi Negara-Negara Asia Tenggara (ASEAN). Ibukota Thailand adalah Kota Bangkok.

Thailand menjadi salah satu tujuan destinasi wisata terpopuler di daerah Asia Tenggara, karena memiliki banyak sekali tempat wisata yang sangat indah, seperti Phuket, The Grand Palace, Wat Arun, Phu Thok, Chiang Mai dan lain-lain. Mungkin jika anda ada rencana untuk berlibur ke luar negeri bersama teman, keluarga maupun pasangan, Negara Thailand bisa menjadi rekomendasi tempat terbaik untuk berlibur.

Negara Thailand memiliki luas sekitar 513.115 km2. Berbeda dengan Indonesia yang sebagian besar wilayahnya dikelilingi oleh laut, Thailand sama sekali tidak berbatasan langsung dengan laut, namun dikelilingi oleh negara-negara di Asean. Batas wilayah negara Thailand sendiri dibagi menjadi 4 yaitu sebelah barat, timur, utara dan selatan. Berikut penjelasan keempat batas negara Thailand tersebut :

Batas Negara Thailand

Batas Negara Thailand Sebelah Utara

Pertama yaitu bagian Utara negara Thailand berbatasan langsung dengan negara Laos dan Myanmar. Wilayah Laos yang langsung berbatasan dengan negara Thailand di sebelah utara yaitu Huay Xai, Xayaboury, Muang Ngeun dan Pak Beng. Sementara itu, wilayah Myanmar yang berbatasan langsung dengan batas negara Thailand sebelah utara adalah Mongton, Fachileik, Mong Hsat, dan Mongpan.

Batas Negara Thailand Sebelah Timur

Kedua yaitu bagian Timur negara Thailand berbatasan langsung dengan 2 negara Asean Kamboja dan Laos. Provinsi di Thailand yang berbatasan langsung dengan wilayah negara Kamboja adalah Provinsi Sa Kaeo, Buriram, Sisaket dan Trat. Sementara itu, wilayah Thailand di sebelah timur yang berbatasan langsung dengan laos seperti Provinsi Loei, Sakon Nakhon dan Mukdahan.

Batas Negara Thailand Sebelah Selatan

Ketiga yaitu bagian Selatan negara Thailand berbatasan langsung dengan negara Malaysia dan selat besar bernama Selat Siam atau Teluk Thailand. Wilayah Malaysia yang berbatasan langsung dengan Thailand bagian selatan yaitu Kuala Perlis, Bukit Kayu Hitam, Kelantan, Pangkalan Hulu dan Kedah.

Teluk Thailand memiliki luas sekitar 320.000 km2, dan juga memiliki kedalaman rata-rata 45 meter (paling dalam sekitar 80 meter). Teluk ini dikelilingi oleh beberapa negara seperti Thailand, Malaysia, Vietnam dan Kamboja. Untuk lokasinya, teluk ini bertempat di bagian selatan kota Bangkok.

Batas Negara Thailand Sebelah Barat

Keempat yaitu bagian Barat negara Thailand berbatasan langsung dengan negara Myanmar dan Samudra Hindia. Kemudian ada 3 Taman Nasional yang terletak tidak jauh dari negara Myanmar di sebelah barat, meliputi Khao Leam Natonal Park, Sai Yok National Park, dan Khlong Wang Chao National Park. Sementara itu, terdapat kota Mergui di Myanmar yang berbatasan langsung dengan Thailand sebelah barat.

Baiklah, itu tadi merupakan pembahasan tentang Batas Negara Thailand Sebelah Utara, Timur, Selatan dan Barat. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.

Postingan Terkait :