Home Informasi Apa Itu Template? Simak Penjelasan Beserta Jenisnya Disini

Apa Itu Template? Simak Penjelasan Beserta Jenisnya Disini

Wartapoin.com – Sebagian orang, mungkin pernah mendengar istilah “template”. Beberapa orang ada yang telah mengetahui artinya, tetapi ada juga yang belum mengerti artinya walaupun sudah familiar didengar. Oleh karenanya, artikel ini akan memaparkan apa itu template beserta jenisnya.

Arti template pada dasarnya telah dituliskan di dalam KBBI, tetapi makna template dalam penggunaan sehari-hari lebih luas. Maka, tidaklah mengherankan jika masih ada yang ragu tentang arti dari template yang sebenarnya. Untuk lebih jelasnya, simak beberapa uraian berikut:

Apa Itu Template?

Template bisa diartikan sebagai suatu tatanan dalam pola tertentu yang mudah digunakan maupun diaplikasikan. Perlu diketahui bahwa template juga bisa diartikan sebagai tatanan yang menjadi permulaan dari suatu dokumen yang bisa dikembangkan oleh penggunanya sesuai kreativitas yang dipunyai.

Template ada yang bersifat kaku serta ada yang bersifat fleksibel. Secara rinci, sifat kebakuan template yakni seperti berikut:

  • Template yang kaku. Biasanya merupakan dokumen formal, seperti CV (Curriculum Vitae), kontrak bisnis, dan permohonan kerja sama. Template tersebut harus mempunyai konten yang wajib tercantum serta urutan tidak bisa diubah.
  • Template yang fleksibel. Biasanya merupakan dokumen tidak formal, misalnya dokumen desain pamflet ulang tahun serta dokumen pamflet promosi. Template tersebut bebas dikreasikan sesuai keperluan pengguna.

Melihat bahwa adanya perbedaan mengenai sifat kebakuan pada template, maka dapat diketahui bahwa template beragam jenisnya. Setelah mengetahui apa itu template, berikutnya pengguna perlu tahu jenis-jenis template supaya tepat dalam penggunaannya.

Jenis-Jenis Template yang Wajib Diketahui

Jawaban atas pertanyaan apa itu template, telah didapatkan di bagian sebelumnya. Maka berikutnya, pengguna wajib mengetahui jenis-jenis template agar bisa mengoptimalkan penggunaan dari template yang ada. Adapun penjelasannya sebagai berikut:

1. Template Software

Komputer atau laptop tidak dapat terlepas dari software. Lazimnya, setiap software dilengkapi dengan template tertentu untuk memudahkan penggunanya dalam melakukan pekerjaan. Contoh software yang menyediakan template antara lain, Microsoft Word yang menyediakan template CV, Microsoft PowerPoint menyediakan template presentasi.

Microsoft Excel yang menyediakan template untuk pembukuan keuangan. Cara menggunakannya pun mudah, yakni cukup tekan klik pada template yang diinginkan. Kemudian, lakukan pengeditan di bagian yang sekiranya perlu untuk diedit atau diperbaiki.

2. Template Desain

Kini, semakin bermunculan aplikasi atau software untuk membuat atau mengedit desain. Pengguna yang belum mahir mengoperasikan aplikasi atau software tidak perlu merasa khawatir. Sebab aplikasi atau software, umumnya menyediakan template yang bisa diedit dengan praktis dan cepat.

Pengguna cukup mengeditnya sesuai kebutuhan dan informasi yang pengguna miliki. Tidak perlu pusing terkait biaya, sebab template yang tersedia bisa dipakai secara gratis. Cukup pilih template yang tidak disertai dengan logo uang.

3. Template Pemrograman

Sesuai namanya, template ini digunakan untuk pemrograman di laptop atau komputer. Biasanya, template pemrograman berisi perintah dalam bahasa komputer yang dipakai untuk memperbarui suatu program. Selain itu, template pemrograman juga bisa digunakan ketika memasang software baru.

Template yang satu ini biasanya cukup rumit, sehingga hanya bisa dijalankan oleh programmer. Hal lain yang patut diperhatikan dalam menggunakan template ini yaitu jenis atau versi perangkat yang digunakan. Maka, perlu untuk mengetahui perangkat yang digunakan sebaik mungkin.

Demikian ulasan tentang apa itu template, beserta jenis-jenisnya yang patut diketahui. Teknologi telah menyediakan kemudahan bagi pengguna, maka hendaknya kemudahan tersebut dipergunakan dengan baik dan optimal. Sebaiknya, simpan beberapa template yang sering digunakan supaya bisa mengeditnya lebih cepat.

Postingan Terkait :