Begini Cara Flashing Evercoss A12 Bootloop Termudah

Wartapoin

Wartapoin.com – Banyak pengguna menanyakan bagaimana cara flashing Evercoss A12 bootloop. Keadaan bootloop atau gagalnya ponsel untuk melakukan booting bisa disebabkan oleh berbagai hal terutama saat menginstal mod. Dengan adanya permasalahan seperti ini, tentu saja dapat mengganggu kinerja sebuah ponsel dan menghambat pengguna.

Bootloop selalu identik dengan kata flashing, yakni proses melakukan instal ulang dalam sistem operasi ponsel. Ketika masalah tadi tidak diperbaiki, tentu saja dapat membuat sebuah ponsel tidak bisa digunakan apalagi sistem operasi yang tidak cocok.

Begini Cara Flashing Evercoss A12 Bootloop Termudah

Cara Flashing Evercoss A12 Bootloop Termudah

Tapi tak perlu khawatir, karena berikut ini ada sejumlah cara untuk melakukan flashing terutama pada smartphone Evercoss A12.

Menggunakan Flashtool

Salah satu cara melakukan flashing Evercoss A12 bootloop adalah dengan menggunakan flashtool. Biasanya pada saat terjadinya bootloop hanya akan menampilkan bagian logo di layar. Selain mengatasi gagal booting, flashtool juga mampu mengatasi berbagai permasalahan lainnya seperti email yang terkunci ataupun lupa pola sandi.

Secara umum, berbagai permasalahan pada hp android terutama mati total bisa disebabkan karena kesalahan rooting. Atau juga bisa disebabkan oleh berbagai virus saat menginstal aplikasi baru di smartphone. Berikut ini langkah-langkah untuk menggunakan Flashtool.

1. Instal SP Flashtool

Pertama, cara flashing Evercoss A12 bootloop dimulai dengan menginstal Flashtool. Aplikasi tersebut harus diinstal melalui komputer yang akan disambungkan. Kemudian pengguna juga harus menginstal untuk pemakaian USB Evercoss A12.

Selain itu, juga ada beberapa aplikasi lain yang mesti di instal ulang seperti Mediatek driver, firmware Evercoss serta SP Flashtool.

2. Buka Aplikasi SP Flashtool

Setelah aplikasi terinstal di komputer, pengguna harus membukanya untuk memulai langkah pengerjaan. Cara flashing Evercoss A12 bootloop selanjutnya pilih file scatter saat aplikasi ini terbuka. Kemudian, pengguna harus mengarahkannya kebagian file firmware yang sebelumnya telah di ekstrak.

3. Pengisian Scatter

Untuk proses yang satu ini pengguna harus mengisi pada bagian cutter yang terdapat di kolom firmware. Perlu bersabar selama beberapa saat hingga SP flashtool menyiapkan dan mengisi berbagai hal yang ada. Selanjutnya, silahkan klik pada bagian download di SP flashtool dan proses akan segera selesai. Tandanya dengan munculnya centang hijau.

Penyebab HP Bootloop

Sebenarnya ada berbagai penyebab mengapa sebuah HP atau smartphone bisa mengalami bootloop. Salah satunya disebabkan karena kurangnya perawatan pada sebuah ponsel. Jika ini terjadi sekali mungkin masih masuk dalam kategori wajar, tetapi tidak demikian bila terjadi secara berulang.

Begini Cara Flashing Evercoss A12 Bootloop Termudah

Secara umum, bisa dikatakan bahwa proses bootloop ini sendiri termasuk dalam sebuah kerusakan ringan. Jadi, pengguna tidak harus langsung menyerahkannya ke tangan ahli melainkan bisa diperbaiki sendiri. Berikut sejumlah penjelasan mengenai  penyebab HP bisa bootloop.

1. Flashing Custom Room

Hal ini biasa terjadi apabila sebuah ponsel menggunakan flashing custom ROM baru yang tidak sesuai dengan cetakan pabrik. Selain itu, adanya beberapa data lama yang tidak terhapus saat menggunakan sistem baru ini. Maka tidak mengherankan jika sewaktu-waktu bisa saja terjadi rusak parah hingga ringan.

2. Instal MOD

Penyebab berikutnya karena adanya sebuah aplikasi Mod. Dimana aplikasi yang baru dipasang ini tidak sesuai atau kompatibel dengan perangkat ponsel serta tidak menyesuaikan kondisi ROM. Maka dari itu, sebelum melakukan instalasi pengguna harus mengetahui apakah ponsel tersebut sebelumnya sudah terpasang mod.

3. Gagal Update Sistem

Update sistem atau update perangkat lunak pada smartphone wajib dilakukan selama masih kebagian jatah pembaruan sistem dari pabriknya.

Namun terkadang hal ini juga menjadi penyebab HP menjadi bootloop, misalnya sistem kamu update ketika persentase baterai HP sedang minim, jadi proses pembaruan berhenti ketika HP mati dan membuat HP tersebut menjadi bootloop.

Risiko HP Bootloop

Risiko dari bootloop pada umumnya adalah kehilangan data, karena untuk menangani hp bootloop yakni hanya dengan flash atau install ulang sistem operasinya, jadi otomatis semua data lama yang di hp tersebut akan hilang, menjadi seperti HP baru lagi, yang kosong akan data dan aplikasi.

Selain itu juga menyebabkan kerusakan pada sistem operasi, dan mungkin perlu melakukan flashing ulang (install ulang) secara penuh pada sistem operasi.

Cara Mencegah HP Bootloop

Untuk mencegah bootloop, ada beberapa hal yang dapat dilakukan:

  1. Pastikan perangkat Anda memiliki daya yang cukup sebelum melakukan pembaruan perangkat lunak atau menginstal aplikasi baru.
  2. Jangan melakukan root atau modifikasi pada perangkat Anda kecuali Anda benar-benar yakin akan apa yang Anda lakukan.
  3. Selalu backup data penting Anda sebelum melakukan pembaruan perangkat lunak atau menginstal aplikasi baru.
  4. Gunakan perangkat lunak resmi dari pabrik pembuat perangkat Anda.
  5. Jangan menginstal aplikasi yang diperoleh dari sumber yang tidak dapat dipercaya.
  6. Jangan melakukan overclock atau meningkatkan kinerja perangkat Anda ke tingkat yang tidak disarankan.
  7. Jangan mencoba untuk memperbaiki perangkat Anda sendiri jika Anda tidak yakin akan apa yang Anda lakukan, sebaiknya bawa ke tempat perbaikan resmi.

Akhir Kata

Itulah beberapa penjelasan singkat bagaimana cara flashing Evercoss A12 bootloop termudah. Selain itu, juga terdapat penjelasan mengenai beberapa hal yang dapat menyebabkan ponsel menjadi rusak atau dalam kondisi bootloop.

Kondisi yang demikian tentu saja harus segera diperbaiki karena mengganggu kenyamanan pengguna saat menggunakan sebuah ponsel.

Artikel Terkait

Bagikan:

Wartapoin

Saya adalah seorang penulis utama blog Wartapoin. Saya akan menyajikan informasi terkini, ulasan, dan panduan seputar perkembangan terbaru dalam teknologi.